LAPORAN KEMAJUAN BELAJAR MANDIRI KESATU

Nama Peserta                      : M.Taufik Hidayat,SE
NUPTK                                    :1050756658200043
No Peserta                            :17051561510019
Bidang Studi Sertifikasi     : (615)Pemasaran
Sekolah asal                          : SMKN 1 Kademangan Kab Blitar

RANGKUMAN MATERI SUMBER BELAJAR PEDAGOGIK

KARAKTERISTIK SISWA
1.       Metode dalam psikologi perkembangan
a.       Longitudinal
b.      Cross sectional
2.       Pendekatan dalam psikologi perkembangan
a.       Perkembangan fisik, motorik, social, intelektual, emosi, religi dsb
3.       Teori perkembangan
a.       JJ Rousseau
                                                               i.      Masa bayi infancy(0-2th)
                                                             ii.      Masa anak/chilhood(2-12th)
                                                            iii.      Masa remaja awal/pubscence (12-15th)
                                                           iv.      Masa remaja/adolescence 15-25th
b.      Stanley Hall
                                                               i.      Masa kanak-kanak / infancy (0-4 tahun)
                                                             ii.      Masa anak / childhood (4-8 tahun)
                                                            iii.      Masa puber / youth 8-12 tahun)
                                                           iv.      Masa remaja / adolescence (12 – dewasa)
c.       Robert J. Havigurst
                                                               i.      Masa bayi / infancy (0 – ½ tahun)
                                                             ii.      Masa anak awal / early childhood (2/3 – 5/7 tahun)
                                                            iii.      Masa anak / late childhood (5/7 tahun – pubesen)
                                                           iv.      Masa adolesense awal / early adolescence (pubesen – pubertas_)
                                                             v.      Masa adolescence / late adolescence (pubertas – dewasa)
d.      Jean Piaget
                                                               i.      Tahap sensorimotorik (0-2 tahun)
                                                             ii.      Tahap praoperasional (2-4 tahun)
                                                            iii.      Tahap operasional konkrit (7-11 tahun)
                                                           iv.      Tahap operasonal formal (11-15 tahun)
e.      Lawrence Kohlberg
                                                               i.      Preconventional moral reasoning
1.       Obidience and paunisment orientation
2.       Naively egoistic orientation
                                                             ii.      Conventional moral reasoning
1.       Good boy orientation
2.       Authority and social order maintenance orientation
                                                            iii.      Post conventional moral reasoning
1.       Contranctual legalistic orientation
2.       Conscience or principle orientation
f.        Erick Homburger Erickson
                                                               i.      Basic trust vs mistrust
                                                             ii.      Autonomy vs shame anddoubt
                                                            iii.      Initiative vs guilt
                                                           iv.      Industry vs inferiority
                                                             v.      Identity vs role confusion
                                                           vi.      Intimacy vs isolation
                                                          vii.      Generativity vs stagnation
                                                        viii.      Ego integrity vs despair
BAB II  TEORI BELAJAR
A.      Teori belajar behavioristik
a.       Teori Belajar dari Edward  Lee Thorndike (1874  – 1949)
                                             i.            hukum latihan (law of exercise) dan
                                           ii.            hukum akibat (law of effect).
                                          iii.            hukum akibat (law of effect)
                                                                           i.      Hukum reaksi bervariasi (law of multiple response)
                                                                         ii.      Hukum sikap (law of attitude)
                                                                        iii.      Hukum aktivitas  berat sebelah (law of prepotency element)
                                                                       iv.      Hukum respon melalui analogi (law of response by analogy)
                                                                         v.      Hukum perpindahan asosiasi (law of associative shifting)
b.      Teori Belajar Pavlov
konsep pembiasaan (conditioning) memeriksanya, menjelaskannya, atau memberi feed back terhadap hasil pekerjaannya.
c.       Teori Belajar  Skinner
Burhus Frederic Skinner menyatakan bahwa ganjaran atau  penguatan
mempunyai peranan  yang  amat   penting   dalam   proses   belajar
d.      Teori belajar Bandura
Bandura  mengemukakan bahwa siswa belajar melalui meniru.
1) Reciprocal determinism
2) Beyond reinforcement
3) Self-regulation/cognition
B.      Teori belajar Vygotsky
Ada dua  konsep  penting  dalam  teori Vygotsky, yaitu Zone of Proximal Development (ZPD) dan scaffolding.
C.      Teori Belajar Van Hiele
a)      Tahap Visualisasi (Pengenalan)
b)      Tahap Analisis (Deskriptif)
c)       Tahap Deduksi Formal (Pengurutan atau Relasional)
d)      Tahap Deduksi
e)      Tahap Akurasi (tingkat metamatematis atau keakuratan)
D.      Teori Belajar Ausubel
Belajar  bermakna  merupakan  suatu   proses   dikaitkannya  informasi   baru 
pada konsep-konsep  yang  relevan   yang  terdapat  dalam   struktur  kognitif seseorang
Prinsip-prinsip dalam teori belajar Ausubel
a.Pengaturan Awal (advance  organizer)
b.Diferensiasi  Progresif
c. Belajar  Superordinat.
d. Penyesuaian Integratif (Rekonsiliasi  Integratif)
E.       Teori Belajar Bruner
Bruner  banyak memberikanpandangan mengenai  perkembangan kognitif manusia, bagaimana manusia belajar  atau memperoleh pengetahuan, menyimpan pengetahuan dan mentransformasikan pengetahuan. Dalam mempelajari manusia, ia menganggap manusia  sebagai pemroses, pemikir, dan  pencipta informasi.

Bruner   dalam teorinya menyatakan bahwa  belajar  matematika akan  lebih  berhasil  jika proses pengajaran diarahkan kepada  konsep-konsep dan  struktur-struktur yang termuat dalam  pokok  bahasan yang   diajarkan,  disamping    hubungan  yang   terkait antar   konsep-konsep  dan struktur-struktur.

(Bruner, 1960)  mengemukakan empat  tema  pendidikan, yakni:
(1)    Pentingnya arti struktur pengetahuan
(2)    Kesiapan (readiness) untuk belajar.
(3)    Nilai intuisi  dalam  proses  pendidikan.
(4)    Motivasi  atau keinginan untuk  belajar beserta cara-cara yang dimiliki  para  guru  untuk merangsang motivasi itu

Belajar sebagai Proses Kognitif
Menurut  Bruner  dalam belajar melibatkan tiga  proses  yang  berlangsung hampir
bersamaan.  Ketiga  proses tersebut adalah
(1)  memperoleh informasi  baru, 
(2)transformasi informasi, dan
(3) menguji relevan informasi dan ketepatanpengetahuan.

Bruner menyebut pandangannya tentang belajar atau pertumbuhan kognitif
sebagai konseptualisme  instrumental . Pandangan ini berpusat pada  dua  prinsip,
yaitu: 
(1) pengetahuan seseorang tentang alam didasarkan pada model-model
tentang kenyataan  yang  dibangunnya  dan
(2) model-model  semacam  itu  mula-mula diadopsi  dari  kebudayaan seseorang, kemudian model-model itu  diadaptasipada kegunaan bagi orang yang bersangkutan.

Pendewasaan pertumbuhan intelektual atau pertumbuhan kognitif seseorang
menurut Bruner adalah sebagai berikut.
a. Pertumbuhan intelektual ditunjukkan oleh bertambahnya ketidaktergantungan
respons dari sifat stimulus.
b. Pertumbuhan intelektual tergantung pada bagaimana seseorang
menginternalisasi peristiwa-peristiwa menjdi suatu  sistem  simpanan (storage
system) yang sesuai dengan lingkungan.
c. Pertumbuhan intelektual menyangkut peningkatan kemampuan  seseorang
untuk  berkata pada  dirinya  sendiri  atau  pada  orang  lain, dengan
pertolongan kata-kata dan simbol-simbol, apa yang telah dilakukan  atau apa yang dilakukan

Bruner   (1966)  mengemukakan bahwa  terdapat tiga  sistem   keterampilan untuk
menyatakan kemampuan-kemampuan secara sempurna. Ketiga sistem
keterampilan itu adalah yang disebut  tiga cara penyajian  (modes of presents),
yaitu:
a.       Cara penyajian  enaktif
b.      Cara penyajian ikonik
c.       Cara penyajian simbolik

Menerapkan Metode Penemuan dalam Pembelajaran
a.       Merencanakan  materi   pelajaran  yang  diperlukan  sebagai  dasar   bagi  para siswa  untuk  memec ahkan masalah
b.      Urutan  pengajaran hendaknya menggunakan cara  penyajian  enaktif, ikonik,
kemudian simbolik karena  perkembangan intelektual siswa diasumsikan mengikuti  urutan enaktif, ikonik, kemudian simbolik.
c.       Pada saat siswa memecahkan  masalah,  guru  hendaknya berperan  sebagai pembimbing atau  tutor
d.      Dalam menilai hasil belajar  bentuk  tes dapat berupa tes objektif atau tes
esay, karena tujuan-tujuan pembelajaran tidak dirumuskan secara  mendetail.
Tujuan belajar penemuan adalah mempelajari generalisasi-generalisasi dengan menemukan sendiri generalisasi-generalisasi itu.

DESAIN PEMBELAJARAN
Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi maka prinsip
pembelajaran yang digunakan  dalam kurikulum 2013 adalah sebagai berikut ini.
1. Pembelajaran memfasilitasi peserta didik untuk mencari tahu;
2. belajar berbasis aneka sumber belajar;
3. pendekatan proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah;
4. pembelajaran berbasis kompetensi;
5. pembelajaran terpadu;
6. pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi;
7. pembelajaran menuju keterampilan aplikatif;
8. peningkatan  dan  keseimbangan  antara  keterampilan fisikal (hardskills) dan
keterampilan mental (softskills);
9. pembelajaran yang mengutamakan   pembudayaan   dan   pemberdayaan peserta didik
sebagai pembelajar sepanjang hayat;
10. pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing  ngarso
sung  tulodo),  membangun  kemauan  (ing  madyo  mangun karso), dan
mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri
handayani);
11. pembelajaran yang berlangsung di rumah di sekolah, dan di masyarakat;
12. pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah
peserta didik, dan di mana saja adalah kelas;
13. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan
efektivitas pembelajaran; dan
14. Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya peserta didik.

Sasaran  pembelajaran dalam menerapkan kurikulum 2013 mencakup pengembangan ranah
sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan. Ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki lintasan perolehan (proses psikologis) yang berbeda.Sikap diperoleh melalui aktivitas “menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan”. Pengetahuan diperoleh  melalui  aktivitas  “mengingat,  memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, mencipta”.Keterampilan diperoleh melalui aktivitas “mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta”

Pendekatan saintifik (dalam pembelajaran) dan metode saintifik
Dalam Permendikbud No. 103 Tahun 2014 dinyatakan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik terdiri atas lima langkah kegiatan belajar yakni mengamati (observing), menanya(questioning), mengumpulkan informasi/mencoba (experimenting), menalar atau mengasosiasi (associating), dan mengomunikasikan (communicating)

Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning)
Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pembelajaran yang menggunakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari (otentik) yang bersifat terbuka (open-ended) untuk diselesaikan oleh peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir,
keterampilan menyelesaikan masalah, keterampilan sosial, keterampilan untuk belajar mandiri, dan membangun atau memperoleh pengetahuan baru

Prinsip-prinsip PBM adalah sebagai berkut.
a. Penggunaan masalah nyata (otentik)
b. Berpusat pada peserta didik (student-centered)
c. Guru berperan sebagai fasilitator
d. Kolaborasi antarpeserta didik
e. Sesuai dengan paham konstruktivisme yang menekankan peserta didik untuk
secara aktif memperoleh pengetahuannya sendiri

Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Masalah
Langkah 1 Klarifikasi Permasalahan
 Guru menyajikan fenomena yang mengandung masalah yang sesuai dengan kompetensi dasar atau indikator. Bentuknya bisaberupa gambar, teks, video, vignettes, fenomena riil, dan sebagainya.
 Siswa melakukan identifikasi terhadap fenomena yang ditampilkan guru untuk menemukan masalah dari fenomena yang ditampilkan.
 Siswa melakukan klarifikasi terhadap masalah yang ditemukan
Langkah 2 Brainstorming
 Siswa mengidentifikasi masalah dan melakukan brainstorming dengan fasilitasi guru
 Guru memfasilitasi siswa untuk mengklarifikasi fakta, konsep, prosedur dan kaidah dari masalah yang ditemukan.
 Siswa melakukan brainstorming dengan cara sharing information, klarifikasi informasi dan data tentang masalah yang ada, melakukan peer learning dan bekerjasama (working
together)
 Siswa mendapatkan deskripsi dari masalah, apa saja yang perlu dipelajari untuk menyelesaikan masalah, deskripsi konsep yang sudah dan belum diketahui, menemukan penyebab masalah,
dan menyusun rencana untuk menyelesaikan masalah.
 Siswa mengembangkan alternatif penyelesaian masalah
 Siswa menyusun dan mengembangkan action plan untuk penyelesaian masalah
Langkah 3 Pengumpulan Informasi dan Data
 Siswa melakukan kegiatan pengumpulan data dan informasi terkait dengan penyelesaian masalah, perpustakaan, web, dan berbagai sumber data yang lain serta melakukan observasi.
 Siswa secara mandiri mengolah hasil pengumpulan informasi/data untuk dipergunakan sebagai solusi dalam menyelesaikan masalah.
Langkah 4 Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah
 Siswa kembali melakukan brainstorming, klarifikasi informasi,konsep dan data terkait dengan permasalahan yang ada dan menemukan solusinya, melakukan peer learning dan bekerjasama (working together).
 Siswa merumuskan dan menetapkan solusi (pemecahan masalah).
 Siswa menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah.
Langkah 5 Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah
 Siswa mempresentasikan hasil brainstormingnya tentang solusi yang dikemukakan untuk penyelesaian masalah.
 Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
 Siswa mereviu, menganalisis, mengevaluasi dan refleksi terhadap pemecahan masalah yang ditawarkan beserta reasoningnya dalam diskusi kelas.
 Siswa melakukan perbaikan berdasarkan hasil diskusi.
Langkah 6 Refleksi
 Siswa mengemukakan ulasan terhadap pembelajaran yang dilakukan.
 Guru dan siswa memberikan apresiasi atas partisipasi semua pihak.
 Guru dan siswa melakukan merefleksi atas kontribusi setiap orang dalam proses pembelajaran.
 Guru dan siswa merayakan.

Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Projek
Langkah -1 Penentuan projek
 Guru bersama dengan peserta didik menentukan tema/topik projek 
Langkah -2 Perancangan langkah-langkah penyelesaian projek
Guru memfasilitasi Peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian projek beserta pengelolaannya
Langkah -3 Penyusunan jadwal pelaksanaan projek
Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik melakukan penjadwalan semua kegiatan yang telah dirancangnya
Langkah -4 Penyelesaian projek dengan fasilitasi dan monitoring guru
Guru memfasilitasi dan memonitor peserta didik dalam melaksanakan rancangan projek yang telah dibuat
Langkah -5 Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil projek
Guru memfasilitasi Peserta didik untuk mempresentasikan dan mempublikasikan hasil karya 
Langkah -6 Evaluasi proses dan hasil projek
Guru dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas projek

Lima Langkah dalam Inquiry/Discovery Learning
1. Merumuskan pertanyaan
Merumuskan pertanyaan, masalah, atau topik yang akan diselidiki.
2. Merencanakan
Merencanakan prosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan analisis data.
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
Kegiatan mengumpulkan informasi, fakta, maupun data, dilanjutkan dengan kegiatan menganalisisnya.
4. Menarik simpulan
Menarik simpulan-simpulan (jawaban atau penjelasan ringkas)
5. Aplikasi dan Tindak lanjut
Menerapkan hasil dan mengeksplorasi pertanyaan pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabnya.

  MEDIA PEMBELAJARAN
Pengertian Media Pembelajaran
Media merupakan kata jamak dari medium yang berasal dari bahasa latin yang berarti “antara”yaitu segala sesuatu yang membawa informasi antara sumber informasi dan penerima(Smaldino, et al., 2005: 9).
Pendapat lain mengatakan bahwa media diartikan sebagai alat fisik dari komunikasi
antara lain buku, modul cetak, teks terprogram, komputer, slide/pita presentasi, film, pita
video,  dan  sebagainya  (Gagne &  Briggs,  1979:  175)
Newby, et al. (2006: 308) menyatakan bahwa pembelajaran merupakan pemilihan dan
pengaturan informasi, kegiatan, metode, dan media untuk membantu siswa mencapai tujuan belajar yang telah direncanakan.
Media yang digunakan untuk menyampaikan pesan guna mencapai suatu tujuan pembelajarandidefinisikan sebagai media pembelajaran (Smaldino, et al., 2005: 9).
Pernyataan tersebut dapat diartikan bahwa media pembelajaran juga dapat berupa cara atau alat untuk berkomunikasi dengan siswa.
Segala sesuatu yang digunakan sebagai penyampai pesan pembelajaran diidentifikasi sebagaimedia pembelajaran. Dengan kata lain, media pembelajaran membantu siswa dalam mendapat atau membangun informasi atau pengetahuan.

2.  Macam Media Pembelajaran
Menurut  bentuknya,  media  yang  digunakan  dalam  belajar  dan  pembelajaran secara  umum dibedakan  menjadi  media  cetak  dengan  noncetak  serta  media audio dengan nonaudio. 
Secara lebih spesifik, media dapat berupa antara lain teks, audio, visual,  media bergerak,
obyek/media yang dapat dimanipulasi (media manipulatif), dan manusia.
Media teks merupakan jenis media yang paling umum digunakan. Media ini berupa karakter
huruf dan bilangan yang disajikan dalam buku, poster, tulisan di papan tulis, dan sejenisnya
(Smaldino, et al., 2005: 9; Newby, et al., 2006: 21).
Media audio meliputi segala sesuatu yang dapat didengar misalnya suara seseorang, musik,
suara mesin, dan suara-suara lainnya.
Media visual meliputi berbagai bagan, gambar, foto, grafik baik yang disajikan dalam poster,
papan tulis, buku, dan sebagainya.
Media bergerak merupakan media yang berupa gambar bergerak misalnya video/film dan
animasi.
Adapun media manipulatif adalah benda tiga dimensi yang dapat disentuh dan digunakan
dengan tangan oleh siswa.
Manusia juga dapat berperan sebagai media pembelajaran. Siswa dapat belajar dari guru, siswa yang lain, atau orang lain

Adapun  menurut  fungsinya,  Suherman,  et  al.  (2001:  200)  mengelompokkan media menjadi
dua bagian yaitu:
pembawa informasi (ilmu pengetahuan)
alat untuk menanamkan konsep

3.  Pengertian Alat Peraga
alat peraga manipulatif adalah media berupa benda nyata tiga dimensi yang dapat menggambarkan secara konkret suatu obyek,ide, model, atau konsep abstrak dan  memungkinkan  untuk  digerakkan  atau  dimanipulasi secara  fisik  dalam kaitannya dengan pembentukan konsep bagi penggunanya, dalam hal ini siswa.   

4.  Fungsi Media
Dalam proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi atau pesan dari
sumber (guru) menuju penerima (siswa). Sedangkan metode adalah prosedur untuk membantu
siswa dalam menerima dan mengolah informasi atau pesan guna mencapai tujuan pembelajaran.
Media pembelajaran menurut Kemp & Dayton (1985) dapat memenuhi tiga fungsi utama,
yaitu :
a. Memotivasi
b. Menyajikan Informasi
c. Memberikan Instruksi

5.  Pola dan Strategi Pemanfaatan Media Pembelajaran

Heinich, dan kawan-kawan (1982) mengajukan model perencanaan penggunaan/pemanfaatan media yang efektif  dikenal dengan istilah ASSURE. Model ini menyarankan enam kegiatan utama dalam perencanaan pembelajaran sebagai berikut.
a. Analyze Learner Characteristics
b. State Objective
c. Select, Modify, or Design Materials
d. Utilize Materials
e. Require Learner Respon
f. Evaluate

Penggunaan media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar memberikan manfaat
praktis sebagai berikut:
1. Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat
memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
2. Media pembelajaran dapat mengarahkan dan meningkatkan perhatian anak sehingga dapat
menimbulkan motivasi belajar.
3. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu:
.
6. Pengembangan Media Sederhana
Menurut Kemp (1980) dalam mendisain suatu media sederhana tersebut perlu
diperhatikan beberapa prinsip di bawah ini 
a. Kesederhanaan (simplycity)
b. Kesatuan (unity)
c. Penekanan (emphasis)
d. Keseimbangan (balance)

7. Pemilihan Media Pembelajaran

Dalam pemilihan media Gagne, dkk (1988) menyarankan perlunya mempertimbangkan
hal-hal berikut. 
a.       Variabel Tugas
b.      Variabel Siswa
c.       Lingkungan Belajar
d.      Lingkungan Pengembangan
e.      Ekonomi dan Budaya
f.        Faktor-Faktor Praktis
Pertimbangan yang lebih singkat dalam pemilihan media adalah:
a.       Tujuan yang ingin dicapai.
b.      b. Kesesuaian media dengan materi Ajar
c.       Karakteristik Siswa
d.      Gaya belajar siswa
e.      Kondisi lingkungan, fasilitas pendukung, dan waktu yang tersedia.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam menggunakan media pembelajaran
untuk mempertinggi kualitas pembelajaran.
a. Guru, perlu memiliki pemahaman terhadap media pembelajaran antara lain jenis dan
manfaat media pembelajaran, criteria memilih dan menggunakan media pembelajaran,
menggunakan media sebagai alat Bantu mengajar dan tindak lanjut penggunaan media
dalam proses belajar.
b. Guru harus terampil membuat media pembelajaran sederhana untuk keperluan
pembelajaran
c. Guru harus mampu menilai keefektifan penggunaan media dalam proses pembelajaran.


PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pengertian

RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.
RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik
dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Rujukan penyusunan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan
Pendidikan Menengah

2. Prinsip Penyusunan RPP
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

a. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual,
bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar,
kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau
lingkungan peserta didik.

b. Partisipasi aktif peserta didik.
c. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan
kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai
bentuk tulisan.
e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian
umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
g. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan
efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

3. Komponen RPP
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar
Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen RPP adalah sebagai
berikut:

a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban
belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus
dan KD yang harus dicapai;
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata
kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan,
dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan
ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian
kompetensi;
i. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan
karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan
materi pelajaran;
k. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau
sumber belajar lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan
penutup; dan
m. penilaian hasil pembelajaran. 

4. Format RPP
Mempertimbangkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun
2016 Tentang Standar Proses dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang
Pembelajaran padaP endidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, komponen RPP di atas
secara operasional dapat diwujudkan dalam contoh format RPP berikut ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP...)
Sekolah

Mata Pelajaran
 : 
Kelas/ Semester
 : 
3

Materi Pokok
 : 
Alokasi Waktu
 : 

A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran reguler
2. Materi pembelajaran pengayaan
3. Materi pembelajaranp remedial
E. Metode Pembelajaran
F. Media dan Bahan
G. Sumber Belajar
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Penutup
2. Pertemuan kedua
….
Dst…
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap spiritual
b. Sikap sosial

c. Pengetahuan

d. Keterampilan 
2.Pembelajaran remedial
3. Pembelajaran pengayaan

PENILAIAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN

Berdasarkan Pasal 1 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 Tahun 2015
tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar
dan Pendidikan Menengah, Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik adalah proses pengumpulan
informasi/data  tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek
pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis  yang
dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui
penugasan dan evaluasi hasil belajar. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dilakukan
secara berkesinambungan.

Berdasarkan Permendikbud No. 81A tahun 2013 istilah penilaian (assesment) terdiri
dari tiga kegiatan, yakni pengukuran, penilaian, dan evaluasi. Ketiga istilah tersebut
memiliki makna yang berbeda, walaupun memang saling berkaitan. Pengukuran
adalah kegiatan membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria atau
ukuran.

Berdasarkan Permendikbud No. 53 tahun 2015 penilaian hasil belajar oleh pendidik
adalah proses pengumpulan informasi/bukti tentang capaian pembelajaran peserta
didik dalam kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, kompetensi pengetahuan,
dan kompetensi keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis,
selama dan setelah proses pembelajaran.

Berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 Standar Penilaian Pendidikan adalah
kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan
instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam
penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan
menengah.

Fungsi Dan Tujuan Penilaian Hasil Belajar

Berdasarkan fungsinya Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik meliputi:  formatif, dan sumatif.
Fungsi Formatif digunakan untuk memperbaiki kekurangan hasil belajar peserta didik dalam
sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada setiap kegiatan penilaian selama proses
pembelajaran dalam satu semester, sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013.
Fungsi Sumatif digunakan untuk menentukan keberhasilan belajar peserta di- dik pada KD
tertentu, akhir suatu semester, satu tahun pembelajaran, atau masa pendidikan di satuan
pendidikan

Cakupan  Aspek Penilaian Oleh Pendidik
a.    Sikap
Merujuk pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 dan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015, penilaian sikap dilakukan untuk mengetahui tingkat perkem- bangan sikap spiritual dan sikap sosial siswa. Memperhatikan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, sikap spiritual yang dimaksud meliputi keimanan dan ketakwaan. Sementara itu, sikap sosial mencakup kejujuran, kedisiplinan, ke- santunan, kepercayaan diri, kepedulian (toleransi, kerjasama, dan gotong-ro- yong), dan rasa tanggung-jawab.
b.     Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengetahui tingkat penguasaan ke- cakapan
berfikir siswa dalam dimensi pengetahuan  faktual, konseptual, prosedural, maupun metakognitif. Proses berfikir mengingat,  memahami, dan menerapkan dikategorikan  sebagai kecakapan berfikir tingkat rendah (Lower Order Thinking Skills) sementara menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dikelompokkan kecakapan berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills).
c.    Keterampilan
Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk menilai kemam- puan peserta
didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu di berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan  dapat dilakukan dengan berbagai teknik, antara lain penilaian praktik, penilaian produk, penilaian proyek,dan penilaian portofolio.

Pendekatan Penilaian
Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).

Prinsip Penilaian
Penilaian harus memberikan hasil yang dapat diterima oleh semua pihak, baik yang dinilai, yang menilai, maupun pihak lain yang akan menggunakan hasil penilaian tersebut. Hasil
penilaian akan akurat bila instrumen yang digunakan untuk menilai, proses penilaian, analisis
hasil penilaian, dan objektivitas  penilai dapat dipertanggungjawabkan.
a. Sahih
b. Objektif
c. Adil
d. Terpadu
e. Terbuka
f. Menyeluruh dan berkesinambungan
g. Sistematis
h. Beracuan kriteria
i. Akuntabel

Teknik Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik
Penilaian sikap dilakukan dengan teknik observasi atau teknik lainnya yang relevan,
Teknik  penilaian observasi  dapat menggunakan instrumen berupa lembar observasi, atau
buku jurnal (yang selanjutnya disebut jurnal). Teknik penilaian lain yang dapat digunakan
adalah penilaian diri dan penilaian antar teman.

Penilaian  pengetahuan  dilakukan dengan berbagai  teknik.Teknik yang biasa digunakan adalah tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Hasil penilaian pencapaian pengetahuan oleh pendidik disampaikan dalam bentuk angka dan/ atau deskripsi

Penilaian keterampilan  dapat dilakukan
dengan berbagai teknik, antara lain penilaian praktik, penilaian produk, penilaian proyek,
dan penilaian portofolio. Hasil penilaian pencapaian keterampilan oleh pendidik
di- sampaikan dalam bentuk angka dan/atau deskripsi.

Prosedur Penilaian  Hasil Belajar Oleh Pendidik
a. Penyusunan Rencana Penilaian, yang meliputi: 1) menetapkan  tujuan pe- nilaian  dengan
mengacu  pada RPP yang telah disusun, 2) menyusun kisi-ki- si penilaian, 3) membuat instrumen penilaian berikut pedoman penilaian, dan 4) melakukan analisis kualitas
instrumen;
b. Pelaksanaan Penilaian;
c. Pengolahan, Analisis, dan Interpretasi hasil penilaian;
d. Pelaporan, dan Pemanfaatan hasil penilaian


Materi yang sulit dikuasai
Menurut teori  Havigurst, menyusun tahap-tahap perkembangan menjadi
lima tahap berdasarkan problema yang harus dipecahkan dalam setiap fase, dalam perkembangan, anak melewati delapan tahap
perkembangan (developmental stages) Aada sepuluh tugas perkembangan
yang harus dikuasai anak pada setiap fase, yaitu:

1) Ketergantungan – kemandirian
2) Memberi – menerima kasih saying
3) Hubungan social
4) Perkembangan kata hati
5) Peran biososio dan psikologis
6) Penyesuaian dengan perubahan badan
7) Penguasaan perubahan badan dan motorik
8) Memahai dan mengendalikan lingkungan fisik
9) Pengembangan kemampuan konseptual dan sistem symbol
10) Kemampuan meolihat hubungan denganh alam semesta

REFLEKSI PEMBELAJARAN DAN PTK

1. Kegiatan Refleksi dalam Pembelajaran
Dalam setiap kegiatan pembelajaran guru seharusnya memulai dari (1)  kegiatan
menyusun perencanaan, kemudian (2) melaksanakan pembelajaran, (3)
melakukan refleksi  terhadap  pembelajaran  yang  telah  dilaksanakan,  dan  (4)
tindak  lanjut.

2. Teknik Kegiatan Refleksi Pembelajaran
Adapun teknik kegiatan refleksi pembelajaran antara lain (1) penilaian guru oleh
peserta didik, (2) evaluasi proses dan hasil belajar, (3) diagnosis kesulitan belajar,
dan (4) penilaian guru oleh teman sejawat.

3. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
a. Empat jenis penelitian tindakan kelas, yaitu:
1) Penelitian  Tindakan  Kelas  Diagnostik.
2) Penelitian Tindakan Kelas Partisipan.
3) Penelitian Tindakan Kelas Empiris.
4) Penelitian Tindakan Kelas Eksperimental (Chein, 1990).

b. Model Penelitian Tindakan Kelas
Pada modul ini dikenalkan tiga model penelitian tindakan kelas yaitu,
1) Model Penelitian Tindakan Kelas  menurut Kurt Lewin
2) Model Penelitian Tindakan Kelas Menurut Kemmis & McTaggart
3) Model Penelitian Tindakan Kelas menurut John Elliot


c. Tahap Penelitian Tindakan Kelas (Siklus Penelitian)
1) Tahap Perencanaan Tindakan
2) Tahap Pelaksanaan Tindakan
3) Tahap Pengamatan (observasi)
4) Tahap Refleksi

d. Tahapan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan kelas
(1) menentukan judul penelitian,
 (2) menyusun latar belakang masalah,
rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian,
(3) menentukan teori pendukung, kerangka berfikir dan hipotesis tindakan,
(4) menentukan metodepenelitian, dan
(5) menyusun instrumen penelitian.



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer