Entri Populer

Sabtu, 23 Mei 2009

Asah Ketrampilan Presentasi Penjualan Anda

Asah Ketrampilan Presentasi Penjualan Anda
Adapted from content excerpted from the American Express® OPEN Small Business Network
Pada saat Anda menyajikan presentasi penjualan sendiri, Anda mempunyai peluang unik untuk menarik minat bakal calon Anda dalam banyak perkara sekaligus. Penampilan fisik, pilihan kata-kata, sikap dan tingkat antusiasme Anda seluruhnya memainkan sebagian peranan dalam apakah Anda nampak sangat kuat dan meyakinkan atau lemah dan kurang efektif. Tidak ada dua presentasi penjualan yang akan (atau harus) mirip, namun ada beberapa unsur umum yang dijumpai dalam semua presentasi yang sukses. Ikuti beberapa petunjuk ini untuk menyempurnakan presentasi Anda selanjutnya:
Bersikaplah antusias
Anda tidak akan dapat meyakinkan orang lain jika Anda sendiri kurang yakin. Percayalah dengan apa yang Anda tawarkan dan komunikasikan kepercayaan tersebut dengan antusiasme Anda. Ini tidak perlu berarti berbicara cepat dan lantang. Ini berarti bersemangat dan penuh energi ketika Anda menganggap sesuatu itu penting dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
Usahakan tetap sederhana
Jangan coba mempesonakan hadirin Anda dengan bahasa campuran atau perkataan yang muluk-muluk. Orang jarang terkesan oleh bahasa yang kurang mereka pahami. Lebih sering mereka akan menjadi bingung, jengkel, atau bosan. Sampaikan apa saja yang Anda maksud dengan cara yang sejelas dan seringkas mungkin. Jadilah diri sendiri dan bicaralah dengan kosakata yang biasa Anda gunakan.
Tetaplah memeriksa
Ingatlah bahwa presentasi yang sangat kuat dan sukses adalah presentasi yang interaktif. Ketika Anda sedang menyajikan presentasi Anda, pantaulah terus proses komunikasi, "Apakah sejauh ini sudah jelas?" Ini adalah beberapa hal yang paling penting bagi Anda, apakah betul?"
Lakukan kontak mata
Bilamana Anda menatap mata seorang, maka kemungkinannya jauh lebih besar bagi Anda untuk memenangkan keyakinan dan kepercayaannya. Ingatlah bahwa sebuah presentasi itu mirip dengan percakapan. Tetaplah melakukan kontak mata dengan setiap orang di dalam ruangan dan jangan hanya fokus kepada satu atau dua orang yang menurut Anda adalah kunci. Anda tidak perlu mengetahui siapa pemain utama atau berapa banyak masukan yang akan dimiliki orang lain dalam proses pengambilan keputusan. Dan sama sekali tidak ada gunanya untuk mengasingkan seseorang dari hadirin Anda.
Cobalah mengetahui perasaan dan alasan orang lain dengan pengertian.
Usahakan agar presentasi Anda menarik dan informatip, dan Anda sebaiknya peka dengan lamanya waktu yang Anda ambil. Bayangkan diri Anda berada diseberang meja dan tanyakan, “apa yang saya ingin dengar dan lihat sekarang juga?” Ingatlah bahwa untuk nasabah Anda, tidak ada sifat menarik mengenai diri Anda atau apa yang sedang Anda jual. Anda harus membuatnya memperhatikan dengan menjawab pertanyaan yang akan ditanyakan kepada dirinya sendiri: "Lalu apa?" Apa kepentingannya untuk saya? dan "Bagaimana saya mengambil manfaat?"
Persiapkan dengan baik
Jangan berpikir Anda dapat menciptakan presentasi yang sukses selagi sibuk dengan banyak persoalan. Rencanakan presentasi Anda dengan cermat dan lakukan latihan beberapa kali dimuka untuk menyempurnakan teknik Anda dan membangun kepercayaan kepada diri Anda sendiri. Periksa pengaturan tempo Anda. Jika Anda menggunakan slide dan grafik, pastikan bahwa urutan mereka sudah benar. Cobalah dan antisipasi pertanyaan atau persoalan yang mungkin diajukan oleh bakal calon Anda, dan siapkan jawaban dimuka untuk mereka.
Kenakan pakaian untuk kesuksesan.
Pada saat sekarang dan dengan suasana kurang resmi dari perkantoran, kadang-kadang adalah sulit untuk menentukan pakaian yang layak untuk dikenakan. Anda sebaiknya mengenakan pakaian yang sama resminya dengan semua orang yang Anda akan temui. Selalu lebih baik untuk keliru mengenakan pakaian yang sedikit terlalu resmi. Kalau Anda ragu-ragu, berpakaianlah secara konservatif dalam pakaian bisnis tradisional.
Keluarlah dari ruangan dengan anggun
Tanpa peduli apakah Anda sukses atau tidak, bersikaplah sangat ramah dan biarkan pintu terbuka untuk komunikasi lebih lanjut. Selalu menutup pertemuan dengan menyampaikan terima kasih kepada semua bakal calon Anda untuk waktu yang mereka telah berikan.Copyright © 1995-2009, American Express Company. All Rights Reserved.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar