RPP Prinsip Bisnis


1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI      : Memahami prinsip- prinsip bisnis
KOMPETENSI DASAR      : Mendeskripsikan prinsip-prinsip bisnis dan dasar hukum bisnis





DISUSUN OLEH :

M. TAUFIK HIDAYAT, SE
NIP. 1978 07 18 2009 01 1 011





PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
SMKN 1 KADEMANGAN
Jl. Sadewo No 1, Kademangan, Blitar Telp. 0342 815 208


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Dasar Kompetensi Keahlian
Kelas/Semester
:
X/1 dan 2
Pertemuan Ke
:
1-5
Alokasi Waktu
:
2 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Memahami prinsip- prinsip bisnis
Kode Satuan Kompetensi
:

Kompetensi Dasar
:
Mendeskripsikan prinsip-prinsip bisnis dan dasar hukum bisnis

Indikator
:
Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip bisnis
Siswa dapat menjelaskan dasar hukum bisnis
I.      Tujuan  Pembelajaran
:

Pertemuan I
:
Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip bisnis
Pertemuan II

Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip bisnis
Pertemuan III

Siswa dapat menjelaskan dasar hukum bisnis
Pertemuan IV

Siswa dapat menjelaskan dasar hukum bisnis
Pertemuan V

Evaluasi
II.    Materi Ajar
:

Pertemuan I
:
Apa itu “etika bisnis”?
Apa yang dimaksud dengan Prinsip-Prinsip Bisnis?

Pertemuan II
:
Hakekat standar moral
Pertemuan III
:
Bagaimana menciptakan lingkungan bisnis beretika
Pertemuan IV
:
Langkah langkah menciptakan lingkungan bisnis



III.   Metode Pembelajaran :
:
1. Ceramah
2. Pemberian Tugas
3.  Presentasi
4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
:

Pertemuan I

Fase Pembelajaran
Kegiatan
Metode
Sumber
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan Pembukaan

Salam, perkenalan,
Creativity kuis
Mendengar, brain storming
Ceramah

10’
Kegiatan Inti
Menjelaskan materi etika bisnis dan prinsip-prinsip bisnis
Ice breaking
Melihat mendengar, mencatat, Diskusi tak terstruktur
Ceramah, curah pendapat/brainstorming

75’

Kegiatan Penutup

Mengarahkan kesimpulan siswa.
Memberikan tugas mencari kliping praktek bisnis yang ber etika atau praktek bisnis yang tak ber etika dikumpulkan 3 minggu lagi.
Siswa diminta menyimpulkan hasil pembelajaran
Tanya jawab, brain storming

5’




Pertemuan II

Fase Pembelajaran
Kegiatan
Metode
Sumber
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan Pembukaan

Salam, absensi, jurnal
Mengulang/retensi pembelajaran yang lalu
Mengemukakan pendapat di depan kelas atau menulis di papan atau lisan
Brainstorming

5’
Kegiatan Inti
Melanjutkan kembali penjelasan pembelajaran minggu lalu
Diselingi dengan ice breaking
Melihat, mendengar, mencatat, bertanya
Ceramah


75’
Kegiatan Penutup

Mengarahkan hasil kesimpulan
Siswa menyimpulkan kembali hasil pembelajaran
Tanya jawab

5’

Pertemuan III

Fase Pembelajaran
Kegiatan
Metode
Sumber
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan Pembukaan

Salam, absensi, jurnal
Mengulang/retensi pembelajran yang lalu
Mengemukakan pendapat di depan kelas atau menulis di papan atau lisan
Ceramah

5’

Kegiatan Inti
Melanjutkan kembali penjelasan pembelajaran minggu lalu
Diselingi dengan ice breaking
Serta contoh2 aplikasi dilingkungan sekolah
Melihat, mendengar, mencatat, bertanya
Ceramah





75’






Kegiatan Penutup

Mengarahkan hasil kesimpulan
Menagih tugas kliping
Siswa menyimpulkan kembali hasil pembelajaran
Tanya jawab



5’



5’


Pertemuan IV

Fase Pembelajaran
Kegiatan
Metode
Sumber
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan Pembukaan
Salam, absensi, jurnal
Mengulang/retensi pembelajaran yang lalu
Mengemukakan pendapat di depan kelas atau menulis di papan atau lisan
Ceramah

5’

5’
Kegiatan Inti
Mengarahkan diskusi presentasi hasil kliping siswa
Presentasi  hasil kliping, mendiskusikan hasil kliping dan presentasinya
Presentasi dan diskusi


45’
Kegiatan Penutup

Merekap hasil presentasi dan diskusi

Tanya jawab

5’

Pertemuan V Tes tulis

V.        Alat/Bahan/Sumber Belajar
:

a.  Alat                                                  : Komputer/Laptop/LCD
b.  Sumber Belajar                           : 1.         

                 Blitar, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMK Negeri 1 Kademangan




Ir. H. Eddy Trijana Sudani, MMA
                   NIP.  19590930 199003 1 005
Guru Mata pelajaran/Kompetensi





M. TAUFIK HIDAYAT, SE
                 NIP. 1978 07 18 2009 01 1 011

Lampiran : 1.

TES TERTULIS (KOGNITIF)

Jawablah pertanyaan berikut dengan baik dan benar  :

1.
!


Kunci Jawaban :
1.  

RUBRIK PENILAIAN
No
Uraian
Nilai Skor
Ket
1
Jika siswa menjawab 4  benar
20

2
Jika siswa menjawab 3  benar
15

3
Jika siswa menjawab 2  benar
10

4
Jika siswa menjawab 1  benar
5

5
Jika siswa tidak menjawab atau tidak ada jawaban yang benar
0

Perhitungan Nilai Kognitif :
Nilai Kognitif =  Jumlah Nilai Skor/60 X  100
Perhitungan  Nilai Sikap   Format Penilaian Sikap
c. Perhitungan  Nilai Sikap   Format Penilaian Sikap
No.
(n)
Aspek Sikap /ranah Non-instruksional/ (Attitude)
Skor Perolehan
Believe (B)
(Preferensi oleh Peserta didik ybs.)
Evaluation (E)
(Oleh Guru/ mentor)
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.
Kedisiplinan










2.
Kejujuran










3.
Kerja sama










4.
Mengakses dan mengorganisasi informasi










5
Tanggung jawab










6
Memecahkan masalah










7
Kemandirian










8
Ketekunan













å (Bn + En )                          
Nilai Attitude (NAt) =                 X  Smax                             
                                          (5 + 5) x nmax                                                      
Keterangan:
Ä  nmax = banyaknya aspek sikap (dalam contoh diatas nmax = 8);
Ä  Smax = Skor maksimum; 10,00; 100; atau sesuai ketetapan tertentu.
Ä  Bn dan En : skor B dan E pada aspek sikap ke n;
Ä  Pesrta didik dapat mengisi skor diri sendiri terlebih dahulu, kemudian diserahkan kepada guru/mentor untuk diisi dan diolah nilai NAt
No
Komponen
Deskripsi Skor Perolehan
5
4
3
2
1
1
Disiplin
Mentaati semua peraturan kerja secara konsisten tanpa instruksi dan pengawasan guru
Mentaati semua peraturan kerja secara konsisten dengan sedikit pengawasan dari guru
Mentaati semua peraturan kerja dengan pengawasan guru
Peraturan kerja kadang-kadang dilanggar meski- pun diawasi
Peraturan kerja sering dilanggar meskipun diawasi
2
Kejujuran
Selalu jujur
Jujur selama diawasi23
Kadang-kadang jujur
Kadang-kadang tidak jujur walaupun diawasi
Sering tidak jujur
3
Kerja sama
Dapat bekerjasama dengan semua pihak (sesama teman maupun guru, pegawai)
Bisa  bekerjasama dengan group tertentu tanpa pengawasan guru
Dapat bekerjasama dalam group kerja selama diawasi guru
Hanya  dapat bekerjasama dengan guru
Tidak  dapat bekerjasama walaupun dalam grup kerja
4
Mengakses dan meng-organisasi informasi
Dapat mengskses dan memanfaatkan informasi terbaru
Dapat mengakses informai tapi kurang memanfaatkannya
Kadang-kadang mencari informasi baru
Dapat memanfaatkan informasi baru tetapi terlambat
Kurang mampu mengakses informasi baru
5
Tanggung jawab
Dapat bertanggung jawab dalam segala kewajiban
Bertanggungjawab tetapi hanya sebagian saja
Kadang kadang bertanggung- jawab jika diawasi
Bertanggungjawab selama menguntungkan dan diawasi
Kurang bertanggung- jawab pada kewajibannya
6
Memecahkan masalah
Dapat memecahkan masalah dengan baik tanpa bimbingan
Dapat memecahkan masalah dengan baik atas bimbingan
Dapat memecahkan sebagian besar masalah tanpa bimbingan
Dapat memecahkan sebagian masalah walau tanpa bimbingan
Semua masalah diselesaikan selalu dengan bantuan penuh
7
Kemandirian
Dapat  belajar sendiri tanpa pengawasan guru
Dapat belajar sendiri dengan pengawasan guru
Kadang kadang dapat belajar mandiri
Kadang kadang mandiri jika daiawasi
Kurang mampu bekerja mandiri
8
Ketekunan
Tekun tanpa harus dibimbing
Tekun selama dibimbing
Kadang kadang tekun
Kadang kadang kurang tekun walau dibimbing
Kurang tekun walau dibimbing

Nilai Akhir = (60% x Nilai Kognitif)+ (40 % x Nilai sikap)

Komentar

Postingan Populer