RPP Prinsip Bisnis
1 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
STANDAR KOMPETENSI : Memahami prinsip- prinsip bisnis
KOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan prinsip-prinsip bisnis dan dasar hukum bisnis
DISUSUN OLEH :
M. TAUFIK HIDAYAT, SE
NIP. 1978 07 18 2009 01 1 011
PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
SMKN 1 KADEMANGAN
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
SMKN 1 KADEMANGAN
Jl. Sadewo No 1, Kademangan, Blitar Telp. 0342 815 208
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran | : | Dasar Kompetensi Keahlian |
Kelas/Semester | : | X/1 dan 2 |
Pertemuan Ke | : | 1-5 |
Alokasi Waktu | : | 2 x 45 menit |
Standar Kompetensi | : | Memahami prinsip- prinsip bisnis |
Kode Satuan Kompetensi | : | |
Kompetensi Dasar | : | Mendeskripsikan prinsip-prinsip bisnis dan dasar hukum bisnis |
Indikator | : | Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip bisnis Siswa dapat menjelaskan dasar hukum bisnis |
I. Tujuan Pembelajaran | : | |
Pertemuan I | : | Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip bisnis |
Pertemuan II | | Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip bisnis |
Pertemuan III | | Siswa dapat menjelaskan dasar hukum bisnis |
Pertemuan IV | | Siswa dapat menjelaskan dasar hukum bisnis |
Pertemuan V | | Evaluasi |
II. Materi Ajar | : | |
Pertemuan I | : | Apa itu “etika bisnis”? Apa yang dimaksud dengan Prinsip-Prinsip Bisnis? |
Pertemuan II | : | Hakekat standar moral |
Pertemuan III | : | Bagaimana menciptakan lingkungan bisnis beretika |
Pertemuan IV | : | Langkah langkah menciptakan lingkungan bisnis |
| | |
III. Metode Pembelajaran : | : | 1. Ceramah 2. Pemberian Tugas 3. Presentasi 4. Tanya jawab |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran | : | |
Pertemuan I
Fase Pembelajaran | Kegiatan | Metode | Sumber | Waktu | |
Guru | Siswa | ||||
Kegiatan Pembukaan | Salam, perkenalan, Creativity kuis | Mendengar, brain storming | Ceramah | | 10’ |
Kegiatan Inti | Menjelaskan materi etika bisnis dan prinsip-prinsip bisnis Ice breaking | Melihat mendengar, mencatat, Diskusi tak terstruktur | Ceramah, curah pendapat/brainstorming | | 75’ |
Kegiatan Penutup | Mengarahkan kesimpulan siswa. Memberikan tugas mencari kliping praktek bisnis yang ber etika atau praktek bisnis yang tak ber etika dikumpulkan 3 minggu lagi. | Siswa diminta menyimpulkan hasil pembelajaran | Tanya jawab, brain storming | | 5’ |
Pertemuan II
Fase Pembelajaran | Kegiatan | Metode | Sumber | Waktu | |
Guru | Siswa | ||||
Kegiatan Pembukaan | Salam, absensi, jurnal Mengulang/retensi pembelajaran yang lalu | Mengemukakan pendapat di depan kelas atau menulis di papan atau lisan | Brainstorming | | 5’ |
Kegiatan Inti | Melanjutkan kembali penjelasan pembelajaran minggu lalu Diselingi dengan ice breaking | Melihat, mendengar, mencatat, bertanya | Ceramah | | 75’ |
Kegiatan Penutup | Mengarahkan hasil kesimpulan | Siswa menyimpulkan kembali hasil pembelajaran | Tanya jawab | | 5’ |
Pertemuan III
Fase Pembelajaran | Kegiatan | Metode | Sumber | Waktu | |
Guru | Siswa | ||||
Kegiatan Pembukaan | Salam, absensi, jurnal Mengulang/retensi pembelajran yang lalu | Mengemukakan pendapat di depan kelas atau menulis di papan atau lisan | Ceramah | | 5’ |
Kegiatan Inti | Melanjutkan kembali penjelasan pembelajaran minggu lalu Diselingi dengan ice breaking Serta contoh2 aplikasi dilingkungan sekolah | Melihat, mendengar, mencatat, bertanya | Ceramah | | 75’ |
Kegiatan Penutup | Mengarahkan hasil kesimpulan Menagih tugas kliping | Siswa menyimpulkan kembali hasil pembelajaran | Tanya jawab | | 5’ 5’ |
Pertemuan IV
Fase Pembelajaran | Kegiatan | Metode | Sumber | Waktu | |
Guru | Siswa | ||||
Kegiatan Pembukaan | Salam, absensi, jurnal Mengulang/retensi pembelajaran yang lalu | Mengemukakan pendapat di depan kelas atau menulis di papan atau lisan | Ceramah | | 5’ 5’ |
Kegiatan Inti | Mengarahkan diskusi presentasi hasil kliping siswa | Presentasi hasil kliping, mendiskusikan hasil kliping dan presentasinya | Presentasi dan diskusi | | 45’ |
Kegiatan Penutup | Merekap hasil presentasi dan diskusi | | Tanya jawab | | 5’ |
Pertemuan V Tes tulis
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar | : | |
a. Alat : Komputer/Laptop/LCD
b. Sumber Belajar : 1.
Blitar, 13 Juli 2010
Mengetahui Kepala SMK Negeri 1 Kademangan Ir. H. Eddy Trijana Sudani, MMA NIP. 19590930 199003 1 005 | Guru Mata pelajaran/Kompetensi M. TAUFIK HIDAYAT, SE NIP. 1978 07 18 2009 01 1 011 |
Lampiran : 1.
TES TERTULIS (KOGNITIF)
Jawablah pertanyaan berikut dengan baik dan benar :
1.
!
Kunci Jawaban :
1.
RUBRIK PENILAIAN
No | Uraian | Nilai Skor | Ket |
1 | Jika siswa menjawab 4 benar | 20 | |
2 | Jika siswa menjawab 3 benar | 15 | |
3 | Jika siswa menjawab 2 benar | 10 | |
4 | Jika siswa menjawab 1 benar | 5 | |
5 | Jika siswa tidak menjawab atau tidak ada jawaban yang benar | 0 | |
Perhitungan Nilai Kognitif :
Nilai Kognitif = Jumlah Nilai Skor/60 X 100
Perhitungan Nilai Sikap Format Penilaian Sikap
c. Perhitungan Nilai Sikap Format Penilaian Sikap
No. (n) | Aspek Sikap /ranah Non-instruksional/ (Attitude) | Skor Perolehan | |||||||||
Believe (B) (Preferensi oleh Peserta didik ybs.) | Evaluation (E) (Oleh Guru/ mentor) | ||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1. | Kedisiplinan | | | | | | | | | | |
2. | Kejujuran | | | | | | | | | | |
3. | Kerja sama | | | | | | | | | | |
4. | Mengakses dan mengorganisasi informasi | | | | | | | | | | |
5 | Tanggung jawab | | | | | | | | | | |
6 | Memecahkan masalah | | | | | | | | | | |
7 | Kemandirian | | | | | | | | | | |
8 | Ketekunan | | | | | | | | | | |
å (Bn + En )
Nilai Attitude (NAt) = X Smax
(5 + 5) x nmax
Keterangan:
Ä nmax = banyaknya aspek sikap (dalam contoh diatas nmax = 8);
Ä Smax = Skor maksimum; 10,00; 100; atau sesuai ketetapan tertentu.
Ä Bn dan En : skor B dan E pada aspek sikap ke n;
Ä Pesrta didik dapat mengisi skor diri sendiri terlebih dahulu, kemudian diserahkan kepada guru/mentor untuk diisi dan diolah nilai NAt
No | Komponen | Deskripsi Skor Perolehan | ||||
5 | 4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | Disiplin | Mentaati semua peraturan kerja secara konsisten tanpa instruksi dan pengawasan guru | Mentaati semua peraturan kerja secara konsisten dengan sedikit pengawasan dari guru | Mentaati semua peraturan kerja dengan pengawasan guru | Peraturan kerja kadang-kadang dilanggar meski- pun diawasi | Peraturan kerja sering dilanggar meskipun diawasi |
2 | Kejujuran | Selalu jujur | Jujur selama diawasi23 | Kadang-kadang jujur | Kadang-kadang tidak jujur walaupun diawasi | Sering tidak jujur |
3 | Kerja sama | Dapat bekerjasama dengan semua pihak (sesama teman maupun guru, pegawai) | Bisa bekerjasama dengan group tertentu tanpa pengawasan guru | Dapat bekerjasama dalam group kerja selama diawasi guru | Hanya dapat bekerjasama dengan guru | Tidak dapat bekerjasama walaupun dalam grup kerja |
4 | Mengakses dan meng-organisasi informasi | Dapat mengskses dan memanfaatkan informasi terbaru | Dapat mengakses informai tapi kurang memanfaatkannya | Kadang-kadang mencari informasi baru | Dapat memanfaatkan informasi baru tetapi terlambat | Kurang mampu mengakses informasi baru |
5 | Tanggung jawab | Dapat bertanggung jawab dalam segala kewajiban | Bertanggungjawab tetapi hanya sebagian saja | Kadang kadang bertanggung- jawab jika diawasi | Bertanggungjawab selama menguntungkan dan diawasi | Kurang bertanggung- jawab pada kewajibannya |
6 | Memecahkan masalah | Dapat memecahkan masalah dengan baik tanpa bimbingan | Dapat memecahkan masalah dengan baik atas bimbingan | Dapat memecahkan sebagian besar masalah tanpa bimbingan | Dapat memecahkan sebagian masalah walau tanpa bimbingan | Semua masalah diselesaikan selalu dengan bantuan penuh |
7 | Kemandirian | Dapat belajar sendiri tanpa pengawasan guru | Dapat belajar sendiri dengan pengawasan guru | Kadang kadang dapat belajar mandiri | Kadang kadang mandiri jika daiawasi | Kurang mampu bekerja mandiri |
8 | Ketekunan | Tekun tanpa harus dibimbing | Tekun selama dibimbing | Kadang kadang tekun | Kadang kadang kurang tekun walau dibimbing | Kurang tekun walau dibimbing |
Nilai Akhir = (60% x Nilai Kognitif)+ (40 % x Nilai sikap)
Komentar
Posting Komentar