RPP PRINSIP PROFESIONAL KERJA


1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI      :  Menerapkan Prinsip Profesional Bekerja


KOMPETENSI DASAR      :   Mengidentifikasi Sektor dan Tanggung Jawab Industri






DISUSUN OLEH :

M. TAUFIK HIDAYAT, SE
NIP. 197807182009011011





PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
SMKN 1 KADEMANGAN
Jl. Sadewo No 1, Kademangan, Blitar Telp. 0342 815 208


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran
:
Dasar Kompetensi Keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan Ke
:
1
Alokasi Waktu
:
2 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Menerapkan prinsip profesional bekerja
Kode Satuan Kompetensi
:
121.DK.1
Kompetensi Dasar
:
Mengidentifikasi sektor dan tanggung jawab industri
Indikator
:
Siswa dapat mengkelompokkan macam-macam sektor industri
Siswa dapat menjelaskan hubungan prinsip dan etika profesional
Siswa memahami Etika profesional, etika dan moralitas, etika umum.
Siswa dapat mengaplikasikan Prinsip profesional bekerja Pemasar/ Marketer
Siswa dapat mengaplikasikan Langkah pengambilan keputusan etika umum
Nilai inti profesional
Siswa dapat mengaplikasikan Delapan Etos Profesional (Jansen H. Sinamo)
Siswa dapat mengaplikasikan Tujuh Mentalitas Profesional
(Jansen H. Sinamo)
Siswa dapat mengaplikasikan Empat  bagian kualitas Profesional Bekerja
I.      Tujuan  Pembelajaran
:

Pertemuan I
:
Siswa dapat mengkelompokkan macam-macam sektor industri
Pertemuan II
:
Siswa dapat menjelaskan hubungan prinsip dan etika profesional
Siswa memahami Etika profesional, etika dan moralitas, etika umum
Pertemuan III
:
Siswa dapat mengaplikasikan Prinsip profesional bekerja Pemasar/ Marketer
Siswa dapat mengaplikasikan Langkah pengambilan keputusan etika umum
Nilai inti profesional
Pertemuan IV
:
Siswa dapat mengaplikasikan Delapan Etos Profesional (Jansen H. Sinamo)
Siswa dapat mengaplikasikan Tujuh Mentalitas Profesional
(Jansen H. Sinamo)
Siswa dapat mengaplikasikan Empat  bagian kualitas Profesional Bekerja
Pertemuan V
:
Evaluasi
II.    Materi Ajar
:

Pertemuan I
:
Macam-macam sektor industri
Pertemuan II
:
Hubungan prinsip dan etika profesional
Etika profesional, etika dan moralitas, etika umum
Pertemuan III
:
Prinsip profesional bekerja Pemasar/Marketer
Langkah pengambilan keputusan etika umum
Nilai inti profesional
Pertemuan IV
:
Delapan Etos Profesional (Jansen H. Sinamo)
Tujuh Mentalitas Profesional
(Jansen H. Sinamo)
Empat  bagian kualitas Profesional Bekerja
Pertemuan V
:
Evaluasi
III.   Metode Pembelajaran :
:
1. Ceramah
2. Pemberian Tugas
3.  Presentasi
4. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
:





Pertemuan I
Fase Pembelajaran
Kegiatan
Media
Metode
Sumber
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan Pembukaan

Salam, Perkenalan
Menyebutkan Nama, profesi impian, ditulis dan dikelompokkan di papan tulis
Papan tulis/kertas, kapur tuli dan bollpoint
Brainstorming
Gurunya Manusia, Munif Chatib
20’
Kegiatan Inti
Menunjuk Notulis
Dan Moderator Diskusi
Membagi kelompok
Menunjukkan video, gambar, kliping koran/majalah tentang berbagai industri
Mendiskusikan pengelompokkan industri menurut pendapat mereka
Mendiskusikan peran sektor Industri Pemasaran
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
Menarik Kesimpulan bersama
Notulen/Buku tulis/lembar hasil diskusi kelompok dan diskusi kelas



Diskusi







Gurunya Manusia, Munif Chatib
Internet
http://www.bps.go.id/aboutus.php?glos=1&ist=1
60’










Kegiatan Penutup

Menjelaskan ulang hasil kesimpulan bersama
Mendengarkan & menjawab
Sound system
Ceramah & Tanya jawab
-
10
Pertemuan II
Fase Pembelajaran
Kegiatan
Metode
Media
Sumber
Wak
tu
Guru
Siswa
Kegiatan Pembukaan

Salam, menanyakan apa yang terjadi ketika siswa datang terlambat, guru datang terlambat
Mengamati lingkungan sekitar kelas
Observasi
Lingkungan kelas
internet
15

Kegiatan Inti
Menanyakan perbedaan Etika dan Prinsip
Menjelaskan Etika profesional, etika dan moralitas, etika umum
Mendengarkan
dan mencatat
Ceramah
Tanya jawab
Ice breaking
Ceramah
Tanya jawab

LCD, Laptop
internet
60






Kegiatan Penutup
Menanyakan kembali isi pembelajaran
Mengungkapkan kembali hasil pembelajaran
Brainstorming

Papan tulis
Catatan siswa
15

Pertemuan III
Fase Pembelajaran
Kegiatan
Metode
Media
Sumber
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan Pembukaan

Memberikan contoh penerapan profesional bekerja pd saat piket UPJ Pemasaran
Melihat dan Mendengarkan
Ceramah

LCD, Laptop
Foto/ video kegiatan UPJ/Youtube.com
10

Kegiatan Inti
Membuat skenario sosio drama lisan tentang praktek Pemasar yang profesional bekerja dan tidak profesional bekerja!
Melaksanakan Sosio drama

Sosiodrama
Praktik Brain storming

Meja&
kursi
Kelas dibentuk
 U
Foto/ video kegiatan UPJ/Youtube.com
70




Kegiatan Penutup
Memutar video renungan
Menginternalisasi nilai-nilai
Ceramah
LCD, Laptop
Youtube.com
10



Pertemuan IV
Fase Pembelajaran
Kegiatan
Metode
Media
Sumber
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan Pembukaan

Memutar video renungan
Melihat dan mendengar
ceramah
LCD, Laptop
Youtube.com
15’

Kegiatan Inti
Menunjuk Notulis
Dan Moderator Diskusi
Membagi kelompok
Menunjukkan video, gambar, kliping koran/majalah
Mendiskusikan tentang Nilai inti profesional
Delapan Etos Profesional (Jansen H. Sinamo)
Tujuh Mentalitas Profesional
(Jansen H. Sinamo)
Empat  bagian kualitas Profesional Bekerja
diskusi
Ruang kelas dibentuk U
Internet

25
Kegiatan Penutup
Merefleksikan kembali hasil kesimpulan diskusi
Mendengarkan
ceramah
LCD, laptop
Notulen diskusi
5’
Pertemuan V
Fase Pembelajaran
Kegiatan
Metode
Media
Sumber
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan Pembukaan

Mengulang kembali hasil pembalajaran selama 4 minggu
Melihat dan mendengarkan
ceramah
LCD, Laptop
Slide modul
15’

Kegiatan Inti
Tes Formatif
Mengerjakan dengan menerapkan karakter jujur, disiplin, kemandirian
penugasan
Lembar jawab siswa

60
Kegiatan Penutup
Merefleksikan kembali hasil tes, menanyakan soal2  sulit dijawab
Mendengarkan, menyampaikan pendapat
ceramah
LCD, laptop
Notulen diskusi
15’

V.        Alat/Bahan/Sumber Belajar
:

a.  Alat                                                  : Komputer/Laptop/LCD
b.  Sumber Belajar                           : 1.Buku 8 Etos kerja Profesional, Jansen H Sinamo
                                                                  2. Internet berbagai situs
                                                                  3. Kliping koran, Majalah, Berita Internet
                                                                  4. Lingkungan sekolah
                 Blitar, 13 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMK Negeri 1 Kademangan




Ir. H. Eddy Trijana Sudani, MMA
                   NIP.  19590930 199003 1 005
Guru Mata pelajaran/Kompetensi





M. Taufik Hidayat, SE
                 NIP. 1978 07 18 2009 01 1 011

Lampiran : 1.

TES TERTULIS (KOGNITIF)

Jawablah pertanyaan berikut dengan baik dan benar  :
1.       Jelaskan hubungan etika dan prinsip!
2.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan Kerja adalah Ibadah 
3.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan Kerja adalah Seni
4.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan Kerja adalah Kehormatan
5.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan Kerja adalah Pelayanan
6.       Jelaskan langkah-langkah pengambilan keputusan etika umum
7.       Jelaskan apa yang dimaksud kompetensi dalam nilai inti profesional
8.       Jelaskan apa yang dimaksud obyektifitas dalam nilai inti profesional
9.       Jelaskan usahamu dalam mewujudkan etikajujur di dalam belajar disekolah!
10.   Jelaskan usahamu dalam mewujudkan etikajujur di dalam kopsis!
Kunci Jawaban :
1.  

RUBRIK PENILAIAN
No
Uraian
Nilai Skor
Ket
1
Jika siswa menjawab 4  benar
20

2
Jika siswa menjawab 3  benar
15

3
Jika siswa menjawab 2  benar
10

4
Jika siswa menjawab 1  benar
5

5
Jika siswa tidak menjawab atau tidak ada jawaban yang benar
0

Perhitungan Nilai Kognitif :
Nilai Kognitif =  Jumlah Nilai Skor/60 X  100
Perhitungan  Nilai Sikap   Format Penilaian Sikap
c. Perhitungan  Nilai Sikap   Format Penilaian Sikap
No.
(n)
Aspek Sikap /ranah Non-instruksional/ (Attitude)
Skor Perolehan
Believe (B)
(Preferensi oleh Peserta didik ybs.)
Evaluation (E)
(Oleh Guru/ mentor)
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.
Kedisiplinan










2.
Kejujuran










3.
Kerja sama










4.
Mengakses dan mengorganisasi informasi










5
Tanggung jawab










6
Memecahkan masalah










7
Kemandirian










8
Ketekunan













å (Bn + En )                          
Nilai Attitude (NAt) =                 X  Smax                             
                                          (5 + 5) x nmax                                                      
Keterangan:
Ä  nmax = banyaknya aspek sikap (dalam contoh diatas nmax = 8);
Ä  Smax = Skor maksimum; 10,00; 100; atau sesuai ketetapan tertentu.
Ä  Bn dan En : skor B dan E pada aspek sikap ke n;
Ä  Pesrta didik dapat mengisi skor diri sendiri terlebih dahulu, kemudian diserahkan kepada guru/mentor untuk diisi dan diolah nilai NAt
No
Komponen
Deskripsi Skor Perolehan
5
4
3
2
1
1
Disiplin
Mentaati semua peraturan kerja secara konsisten tanpa instruksi dan pengawasan guru
Mentaati semua peraturan kerja secara konsisten dengan sedikit pengawasan dari guru
Mentaati semua peraturan kerja dengan pengawasan guru
Peraturan kerja kadang-kadang dilanggar meski- pun diawasi
Peraturan kerja sering dilanggar meskipun diawasi
2
Kejujuran
Selalu jujur
Jujur selama diawasi23
Kadang-kadang jujur
Kadang-kadang tidak jujur walaupun diawasi
Sering tidak jujur
3
Kerja sama
Dapat bekerjasama dengan semua pihak (sesama teman maupun guru, pegawai)
Bisa  bekerjasama dengan group tertentu tanpa pengawasan guru
Dapat bekerjasama dalam group kerja selama diawasi guru
Hanya  dapat bekerjasama dengan guru
Tidak  dapat bekerjasama walaupun dalam grup kerja
4
Mengakses dan meng-organisasi informasi
Dapat mengskses dan memanfaatkan informasi terbaru
Dapat mengakses informai tapi kurang memanfaatkannya
Kadang-kadang mencari informasi baru
Dapat memanfaatkan informasi baru tetapi terlambat
Kurang mampu mengakses informasi baru
5
Tanggung jawab
Dapat bertanggung jawab dalam segala kewajiban
Bertanggungjawab tetapi hanya sebagian saja
Kadang kadang bertanggung- jawab jika diawasi
Bertanggungjawab selama menguntungkan dan diawasi
Kurang bertanggung- jawab pada kewajibannya
6
Memecahkan masalah
Dapat memecahkan masalah dengan baik tanpa bimbingan
Dapat memecahkan masalah dengan baik atas bimbingan
Dapat memecahkan sebagian besar masalah tanpa bimbingan
Dapat memecahkan sebagian masalah walau tanpa bimbingan
Semua masalah diselesaikan selalu dengan bantuan penuh
7
Kemandirian
Dapat  belajar sendiri tanpa pengawasan guru
Dapat belajar sendiri dengan pengawasan guru
Kadang kadang dapat belajar mandiri
Kadang kadang mandiri jika daiawasi
Kurang mampu bekerja mandiri
8
Ketekunan
Tekun tanpa harus dibimbing
Tekun selama dibimbing
Kadang kadang tekun
Kadang kadang kurang tekun walau dibimbing
Kurang tekun walau dibimbing

Nilai Akhir = (60% x Nilai Kognitif)+ (40 % x Nilai sikap)

Komentar

Postingan Populer