Entri Populer

Jumat, 30 Maret 2012

SMK NEGERI 1 KADEMANGAN Berbenah


SMART , INOVATIF, DAN PROFESIONAL
LCD di tiap Kelas
                Kesan pertama yang terbesit ketika memasuki sekolah ini adalah luasnya lahan. Dengan luas 48.000 meter persegi sekolah terbagi menjadi beberapa bangunan utama di sebelah timur adalah ruang KBM utama sejumlah 16 ruang yang telah dilengkapi LCD di tiap ruangannya.  Berikutnya sebuah ruangan serbaguna serta Laboratorim Perikanan berdiri di dekat jalan masuk. Bangunan berikutnya adalah ruang kantor Kepala Sekolah, Waka, TU, kantor guru Lab KKPI serta Laboratorium Penjualan serta KOPSIS.  Berikutnya adalah ruang perpustakaan dengan koleksi 2508 serta Laboratorium TKJ. Diantara bangunan-bangunan utama tersebut terdapat lapangan Upacara, lapangan voli, sepak bola dll. Sedangkan sebelah barat terdapat beberapa bangunan ruang praktikum utama dimana terdapat ruang praktikum Otomotif /Teknik Kendaraan Ringan, Laboratorium Pertanian berupa lahan pertanian, kebun bibit, green house, Laboratorium Peternakan berupa Kandang Broiler dengan kapasitas 3000 ekor, Kandang layer, kandang kambing kapasitas 40 ekor, kandang ruminansia(sapi)kapasitas 20 ekor serta kandang bebek kapasitas 500 ekor, dan Laboratorium Perikanan berupa dua kolam pembesaran.
                SMK Negeri Kademangan pada tahun ajaran 2011/2012 memiliki 48 rombongan belajar dengan jumlah guru 110 dimana 7 orang diantaranya telah berkualifikasi S2 serta 42 guru telah mengantongi sertifikasi pendidik
Untuk mewujudkan visi mencetak kerja terampil yang cerdas menguasai bidangnya dan lulusan yang kompetitif  dalam persaingan dunia kerja SMK Negeri 1 Kademangan melaksanakan pendidikan intrakurikuler yang menitikberatkan pada pembelajaran praktek. Pola pembelajaran yang dikembangkanpun semakin menarik dengan digunakannya berbagai metode pembelajaran yang membuat siswa betah berlama-lama mengikuti pembelajaran. Dengan pemasangan LCD di tiap kelas, guru dengan mudah mengimplementasikan pola pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan melalui gambar, video, dan animasi.
                SMK Peternakan yang selalu juara di Tingkat Jawa Timur
Sebagai SMK Negeri pertama di Kabupaten Blitar yang menjadikan dirinya mengelola sumberdaya saing utama Kabupaten Blitar yaitu peternakan utamanya unggas, SMK ini telah membuktikan diri mampu menjadi yang terbaik. Bukti keberhasilan pendidikan intrakurikuler ditunjukkan dengan prestasi  di Lomba Ketrampilan Siswa yang tiap tahun hampir selalu membawa piala tingkat Jawa Timur.        Hal ini dimulai pada tahun 2005 dalam Lomba Ketrampilan Siswa/Skill Olymphic 2005 di Banyuwangi memperoleh Juara 2 berikutnya tahun 2006 di Tulung Agung Juara 3, 2007 Harapan 1 serta Harapan 2 untuk Jurusan Budidaya Ikan, berikutnya 2010 dapat Harapan 2 lagi. Hingg yan terakhir pada Februari 2011 meraih Juara 3 tingkat Jawa Timur Selain itu semua jurusan telah terakreditasi A selain TKJ yang baru meluluskan satu angkatan.

Pendidikan karakter melalui ektra kurikuler
                SMK Kademangan selain mengembangkan pendidikan Intra kurikuler juga mengembangkan pendidikan ekstra kurikuler. Pengembangan ekstra kurikuler untuk membentuk karakter siswa yang disiplin, aktif dan kreatif lewat berbagai kegiatan ekstra kurikuler. Ekstra kurikuler yang dikembangkan  adalah Paskibra, Pramuka, PMR, Jurnalistik, Rohis, , PSHT, Bola Voli, Sepak bola, Teater dan Tari, English club. Pendidikan kepribadian berbangsa dan bernegara serta bela negara diwakili oleh ekstra PASKIBRA yang selalu menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan upacara-upacara bendera dan kegiatan penegakan disiplin serta pemilihan Paskibra tingkat kabupaten.
Ekstra pramuka yang mengedepankan kreatifitas dan kemandirian telah banyak menghasilkan prestasi. Setelah mengirim wakilnya dalam Konferensi Maritim sedunia di Manado. Pramuka SMK Negeri 1 Kademangan kembali mengirim wakilnya ke Batam dan Singapura dalam rangka Kegiatan Open Ship Saka Bahari, Juara 3 Gerak Jalan Tradisional Bakung- Lodoyo serta menjalin kerja sama dengan Kelenteng POO AN KIONG dalam menyajikan Tari Liang Liong dan Barongsai.
Ekstra Palang Merah Remaja yang mengembangkan pendidikan budi pekerti dan budaya luhur telah mencapai banyak prestasi pula diantaranya sebagai Terbaik 1 Lokakarya Pembina Pelatih, Terbaik 2 Kunjungan Persahabatan, Terbaik 3 Pendidikan Remaja Sebaya, Terbaik 3 Kontingen Favorit, Harapan 2  Artikel, Harapan 3 Album Persahabatan.
Ekstrakurikuler jurnalistik telah beberapa kali mengisi kolom KOPER Radar Blitar dan Radar Tulung agung. Dalam pengembangan apresiasi seni ekstrakurikuler Tari dan Teater telah menghasilkan prestasi yaitu salah seorang siswanya atas nama Davin menyabet gelar actor terbaik.
Pengembangan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa pun tak ketinggalan dengan terbentuknya ekstrakurikuler ROHIS yang diharapkan mampu memberikan bekal bagi siswa dalam keimanan dan ketaqwaan serta memiliki akhlak yang baik. Ekstra ROHIS ada karena kepekaan terhadap memudarnya nilai-nilai religius di kalangan pelajar dengan berupaya membangkitkannya melalui beberapa program diantaranya kajian Keislaman, sholat berjamaah, infaq Jum’at, baca tulis Al Qur’an dan kesenian Islam.
Berikut pula demi pengembangan kemampuan penguasaaan bahasa Inggris telah terbentuk English Club. Berikutnya Ekstra kurikuler yang mengembangkan kesegaran jasmani yang di wakili oleh Pencak silat Setia Hati Teratai, Bola Voli dan Sepak bola aktif menggelar latihan rutin maupun pertandingan persahabatan.
Lulus, pekerjaan telah menanti
Hasil Lulusan SMK sangat diperhatikan oleh pihak sekolah untuk disalurkan ke dunia kerja sebagai contoh PT Wonokoyo, PT Charoen Pokhpand, telah rutin melakukan rekruitmen. Selain itu PT Medion, PS Jatinom, PS Elda Jaya dan banyak lagi yang lain. Hampir seluruh lulusan peternakan terserap dunia kerja.
Jurusan pemasaran telah menjalin kerjasama DU/DI dengan PT Giant Gajayana Malang, serta berbagai supermaket dan toko pakaian sekab-kota Blitar.
Masuk Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes
Sejak pertama meluluskan hampir tiap tahun siswa SMK Negeri Kademangan diterima di Universitas Brawijaya tanpa tes. Pada tahun ajaran 2009/2010 tiga orang siswa diterima di Universitas Brawijaya tanpa tes a/n Widyasari, Hendra dan Miko untuk tahu
Beasiswa BRI
                Lima orang siswa SMK Negeri 1 Kademangan menjadi bagian dari  15 siswa yang di anugerahi beasiswa BRI Blitar. Selain itu beasiswa BKMM, BKSM,  BOMM, Supersemar tersedia untuk biaya belajr selama mengikuti pembelajaran di SMK Negeri Kademangan. Sedangkan bagi lulusan yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi akan diusulkan mendapat beasiswa Bidik Misi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar